Senin, 24 November 2008

instrumen ATP SMP

1. a. Saya melaksanakan ibadah jika disuruh orangtua/guru
b. Saya berdo’a sebelum memulai kegiatan.
c. Saya membaca kitab suci dan mempelajari isisnya.
d. Saya bersyukur kepada Tuhan bila memperoleh nikmat/kesenangan

a. Saya tidak menyontek karena merugikan diri sendiri.
b. Saya tidak menyontek karena takut diketahui guru.
c. Saya belum terbiasa membuang sampah pada tempatnya.
d. Saya berperilaku sopan kepada semua orang.

a. Saya mengetasi kekecawaan seperti halnya oran lain.
b. Sayamenyatakan kekecawaan dengan cara yang tidak menyinggung orang lain.
c. Saya memahamai pentingnya menyayangi orang lain.
d. Saya kecewa melaksanakan tugas sejalan dengan kemauan.

4. a. Saya memikirkan akibat yan akan terjadi sebelum melakukan tindakan.
b. Saya bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu.
c. Saya emngerjakan tugas untuk memenuhi tunutan guru.
d. Saya memikirkan berbagai pilihan dan akibatnya dalam membuat keputusan.

5. a. Saya memelihara ketertiban umum sesuai dengan ketentuan.
b. Saya menengok orang sakit karena ingin berbuat kebajikan.
c. Saya memelihara keharmonisan hidup bersama.
d. Saya membersihkan kelas sesuai dengan jadwal piket.

6. a. Saya menghargai teman walaupun berbeda jenis kelamin.
b. Saya lebih suka bermain dengan kelompok yang jenis kelaminnya sama.
c. Saya senan sebagai laki-laki (bagi Laki-laki), atau senang sebagai perempuan (bagi Yang Perempuan).
d. saya mampu bekerjasama denbgan jenis kelamin lain.

7. a. Saya memelihara kebersihan barang milik sendiri.
b. Saya belajar tentang cara-cara hidup hema.
c. Saya menerima dengan senang hati keadaan fisik sendiri.
d. Saya melakukan kegiatan yang disuruh guru/orang tua.

8. a. Saya membuat jadwal kegiatan sesuai kebutuhan sendiri.
b. Saya belajar tentang car-cara hidup hemat.
c. Saya menabung sesuai anjuran orang tua.
d. Saya bekerja sungguh-sungguh seperti yang dikehendaki orang tua.

9. a. Saya merasa ertarik kepada pekerjaan yang dilakukan orang tua.
b. Saya memahami berbagai syarat yang dituntut oleh suatu pekerjaan.
c. Saya yakin bahwa keahlian kerja mendukung kualitas suatu pekerjaan.
d. Saya berkeinginan untuk mengenal jenis – jenis pekerjaan.

10. a. Saya nelaksanakan tugas yang diberikan oleh kelompok.
b. Saya memauhi aturan kelompok jika orang lainpun mematuhinya.
c. Saya membantu teman jika diminta.
d. Saya menghargai pendapat eman dengan tulus-ikhlas.

11. a. Saya meyakini bahwa kesabaran membawa kebahagiaan.
b. Saa merasa berdosa, apabila tidak melaksanakan ibadah.
c. Saya berdo,a jika diperintah orangtua/guru.
d. Saya berupaya membaca kitab suci setiap hari.

12. a. Saya mematuhi tata tertib sekolah sebagaimana orang lain melakukannya.
b. Saya menjawab panggilan orang tua dan segera.
c. Saya menyayangi orang lain secara tulus.
d. Saya mengikuti kebiasaan menghormati orang lain.

13. a. Saya menghadapi tantangan sebagai bagian dari kehidupan.
b. Saya menghadapi tantangan seperti yang disarankan orang lain.
c. Saya memahami perasaan orang lain sebagaimana mereka memahaminya.
d. Saya dapat meredam rasa dendam.

14. a. Saya menganggap musyawarah sebagai cara efektif dalam memutuskan sesuatu
b. Saya mengambil pelajaran dari masalah yang pernah dialami

c. Saya memelihara keseimbangan antara hak dan kewajiban.
d. Saya melakukan tindakan sebagaimana yang disarankan orang yang dipercaya.

15. a. Saya bercita-cita sesuai kemampuan dan kelemahan pribadi.
b. Saya ragu mengemukakan kekeliruan yang terjadi.

c. Saya menengok teman yang sakit seperti teman lain melakukannya.
d. Saya menjalin persahabatan atas dasar saling percaya.

16. a. Saya tampil sesuai dengan jenis kelamin sendiri karena meniru orang lain.
b. Saya tampil sesuai dengan jenis kelamin sendiri darena harus begitu.
c. Saa berpendapat bahwa laki-laki dan permepuan harus saling menghargai.
d. Saya suka meniru tingkah laku ayah (bagi laki-laki) dan meniru ibu (bagi perempuan)

17. a. Saya melakukan kegiatan yang sesuai dengan kemampuan fisik maupun mental
b. Saya menerima bakat dan kemampuan seperi orang lain menerimanya.
c. Saya mengenai keadaan fisik sendiri.
d. Saya menghindarkan diri dari perbuatan yang merusak kesehatan (seperti minuman keras, dan obat-obat terlarang)

18. a Saya mengurangi kebiasaan mentraktir teman-teman.
b. Saya yakin bahwa berhemat merupakan sifat yang terpuji.
c. Saya menggunakan suang sesuai dengan keperluan.
d. Saya mengatur uan jajan seperti yang diperintahkan orang tua.

19. a. Saya bergaul dengan orang yang ahli dalam suatu pekerjaan.
b. Saya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung ketrampilan kerja.
c. Saya mempelajari ketrampilan tambahan yan dianjurkan guru.
d. Saya mendiskusikan dengan orang lain tentang kondisi pekerjaan yang diminati

20. a. Saya bekerjasama dengan teman yang memberikan bantuan.
b. Saya memperlakukan teman sesuai dengan sifat dan wataknya.
c. Saya berusaha untuk berperan aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok
d. Saya memelihara kerjasama dengan teman.

21. a. Saya merasa berdosa apabila melanggar larangan Tuhan.
b. Saya memahami arti doa-doa yang biasa dipanjatkan kepada Tuhan.
c. Saya mengetahui manfaat kesabaran.
d. Saya berdoa bila menghadapai kesulitan atau maslah.

22. saya meyakini peningnya menghormati orang lain.
b. Saya meyakini bahwa berbohong itu dapat merugikan orang lain.
c. Saya berdoa bila menghadapi kesulitan atau masalah.
d. Saya merasa senang membantu orang lain yang tengah kesusahan.

23. a. Saya menghormati oran tua sebagaiman orang lain menghormatinya.
b. Saya bersikap tenang dalam menghadapi masalah.

c. Saya menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan marah.
d. Saya memilih tindakan yang baik apabila mengalami kekecewaan.

24. a. Saya tanggap terhadap penyimpangan sosial di lingkungan sekitar.
b. Saya mengambil keputusan berdaarkan pertimbngan yang dianjurkan orang lain.
c. saya tertarik memperhatikan masalah sosial, politik atau masalah lingkungan.
d. Saya menganalisis suatu persoalan dengan berbagai kemungkinan pemecahan.


25. a. Saya malu jika tidak melaksanakan tugas bersama.
b. Saya menepati janji dengan sesungguh hai.
c. saya memahami kekuatan dan kelemahan pribadi.
d. saya menjalin persahabatan dengan teman sebagaiman layaknya orang lain.

26. a. Saya senang melakukan pekerjaan yang sesuai dengan jenis kelamin.
b. Saya menyenangi pakaian yang sesuai dengan jenis kelamin.
c. Saya melakukan kegiuatan sesuai dengan jenis kielamin sendiri.
d. Saya melakukan peran sesuai jenis kelamin dalam pergaulan di masyarakat.

27. a. Saya mengembangkan sifat pribadi sesuai harapan orang lain.
b. Saya memahami bahwa cita-cita yang ingin dicapai sesuai dengan kemampuan.
c. Saya merasa terbebani jika melakukan kegiatan di luar kemampuan.
d. Saya merasa bangga terhadap bentuk fisik sendiri.

28. a. Saya menyisihkan uang jajan untuk di tabung.
b. Saya membuat jadwal sesuai saran guru.
c. Saya belajar mengurangi permintaan uang kepada orang tua.
d. Saya senang bekerja dalam bidang apapun asal sesuai dengan kemampuan.

29. a. Saya belajar bahasa inggris, komputer atau lainnya sebagai bekal tambahan di luar bidang studi.
b. Saya merencanakan karir dengan cermat untuk mencapai tujuan karir yang jelas.
c. Saya merencanakan karir di masa datang sejak sekjarang.
d. Saya merasa puas melakukan pekerjaan untuk memperoleh hadiah.

30. a. Saya membiasakan diri untuk dapat bergaul dengan siapapun.
b. Saya mematuhi aturan bermain yang telah disepakati kelompok.
c. saya menghargai pendapat teman yang sekelompok saja.
d. Saya memberikan dukungan moril kepada sekelompok saja.


31. a. Saya aktif dalam kegiatan keagamaan di sekolah.
b. Saya be;lajar agama karena teman atau keluarga juga mempelajarinya.
c. Saya mengikuti orang lain berbuat kebaikan.
d. Saya menilai sehari-hari yang sesuai dan yang bertentangan dengan ajaran agama.

32. a. Saya berusaha sopan di depan orang banyak.
b. Saya senangt bila dapat menghindarkan diri dari perbuatan yang melanggar
aturan.
c. Saya berusaha menjadi tamu yang baik.
d. Saya membina hubungan baik dengan orang yang pernah menolong.

33. a. Saya memperhitungkan akibat sebelum melakukansuatu tindakan.
b. Saya merasa populer karena berani bertanya kepada guru.
c. Saya dapat mengatasi kekecawaan setelah menerima nasihat orang lain.
d. Saya tidak tergesa-gesa dalam segala kegiatan.

34. a. Saya sulit menghadapi sesuatu yang tidak biasa.
b. Saya mampu mencari alternatif pemecahan masalah yang paling tepat.
c. Saya mengambil keputusan berdasarkan data yang memadai.
d. Saya mengetahui perbuatan yang baik dan buruk berdasarkan peraturan.

35. a. Saya melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh.
b. Saya membantu orang lain yang meminta pertolongan.
c. Saya merasa puas jika orang lain mengakui hasil kerja yang dicapai.
d. Saya membuat prioritas dalam memilih tindakan.

36. a. Saya dapat membedakan sifat laki-laki dengan sifat perempuan.
b. Senang dan bangga dengan jenis kelamin sendiri.
c. Saya memberlakukan laki-laki dan perempuan sederajat.
d. Saya suka model pakaian sesuai dengan jenis kelamin sendiri.

37. a. Saya memperhitungkan kemampuan diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
b. Saya kecewa karena tidakmampu melakukan tugas yang diterima.
c. Saya mengusahakan prestasi belajar seperti dikehendaki orang tua.
d. Saya memahami kecerdasan bakat dan keterampilan sendiri.

38. a. Saya menabung apabila mempunyai uang lebih.
b. Saya tidakbegitu mengharapkan pemberian dari orang tua.
c. Saya mengendalikan pengeluaran sehari-hari agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung.
d. Saya mencoba memahami cara-cara orang mencari uang.

39. a. Saya memikirkan baik-buruk dan suka-duka memasuki pekerjaan tertentu.
b. Saya mengikuti kegiatan ekstra kurikuler seperti orang lain.
c. Saya memilih jenis pekerjaan tertentu bersama dengan teman yang sepaham.
d. Saya memperhitungkan kemampuan diri dengan ragam tuntutan pekerjaan.

40. a. Saya bergaul dengan teman yang mempunyai sifat-sifat pribadi yang sama.
b. Saya turut memikirkan kesulitan orang lain danberusaha memberi bantuan.
c. Saya bekerjasama dengan teman untuk mencapai tujuan bersama.
d. Saya menerima tugas yang diberikan kelompok tertentu.

41. a. Saya melaksanakan ibadah jika disuruh orang tua/guru.
b. Saya berdoa sebelum memulai kegiatan.
c. Saya membaca kitab suci dan mempelajari isinya.
d. Saya bersyukur kepada Tuhan Bila mnewmperoleh nikmat/kesenangan.

42. a. Saya mematuhi tata tertib sekolah sebagaimana orang lain melakukannya.
b. Saya menjawab panggilan orangtua dan segera menemuinya
c. Saya menyayangi orang lain secara tulus.
d. Saya mengikuti kebiasaan menghormati orang lain.

43. a. Saya menghormati orang tua sebagaimana orang lain menghormatinya.
b. Saya bersikap tenang dalam emnghadapi masalah.
c. Saya menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan marah.
d. Saya memilih tindakan yang baik apabila mengalami kekecewaan.

44. a. Saya sulit menghadapi sesuatu yang tidak biasa.
b. Saya mampu mencari alternatif pemecahan yang paling tepat.
c. Saya mengambil keputusan berdasarkan data yang memadai.
d. Saya mengetahui perbuiatan yang baik dan buruk berdasarkan peraturan.

45. a. Saya memelihara ketertiban umum sesuai dengan ketentuan.
b. Saya menengok orang sakit karena ingin berbuat kabajikan.
c. Saya memelihara keharmonisan hidup bersama.
d. Saya membersihkan kelas sesuai dengan jadwal piket.

46. a. Saya tampil sesuai dengan jenis kelamin sendiri karena meniru orang lain.
b. Saya tanpil sesuai dengan jenis kelamin sendiri kerena memang harus begitu.
c. Saya berpendapat bahwa laki-laki dan perempuan harus saling menghargai.
d. Saya suka meniru tingkah laku ayah (bagi Laki-laki) dan meniru ibu (bagi Perempuan)

47. a. Saya mengembangkan sifat pribadi sesusi harapan orang lain.
b. Saya memahami bahwa cita-cita yang inginh dicapai sesuai dengan kemampuan.
c. Saya merasa terbebani jika melakukan kegiatan di lauar kemampuan.
d. Saya merasa bangga terhadap bentuk fisik sendiri.

48. a. Saya menabung apabila mempunyai uang labih.
b. Saya tidak begitu mengharapkan pemberian dari orang tua.
c. Saya megendalikan pengeluaran sehari-hari agar dapat menyisihkan uang auntuk ditabung.
d. Saya mencoba memahami cara-cara orang mencari uang.

49. a. Saya merasa tertarik kepada pekerjaan yang dilakukan orang tua.
b. Saya memahami berbagai syarat yang dituntut oleh suatu pekerjaan.
c. Saya yakin bahwa keahlian kerja mendukung kualitas suatu pekerjaan.
d. Saya berkeinginan untuk mengenal jenis-jenis pekerjaan.

50. a. Saya bekerjasama dengan teman yang memberikan bantuan.
b. Saya memperlakukan teman sesuai dengan sifat dan wataknya.
c. Saya berusaha untuk berperan aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas kelompok.
d. saya memelihara kerjasama dengan teman.

Tidak ada komentar: