Senin, 24 November 2008

EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL

ABSTRAKSI


“ EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL UNTUK MENGURANGI
KESULITAN INTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA “
( Penelitian pada siswa SDN Magersari 2 Kota Magelang
Tahun Pelajaran 2007/2008 )



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan konseling behavioral dalam membantu siswa untuk mengurangi kesulitan interaksi dengan teman sebaya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya siswa masing-masing satu siswa dikelas IV dan tiga siswa dikelas V SDN Magersari 2 Kota Magelang yang mengalami kesulitan interaksi dengan teman sebaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan, dengan menggunakan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah empat orang siswa yang mengalami kesulitan interaksi dengan teman sebaya.Variabel penelitian ada dua yaitu : variabel dependen: perubahan perilaku kesulitan interaksi dengan teman sebaya menjadi mampu berinteraksi dengan teman sebaya, dan variabel independen: konseling behavioral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sosiometri, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk mengetahui validitas data menggunakan triangulasi dengan sumber. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis persentase konstan.

Hasil penelitian ini berupa data perubahan perilaku kesulitan interaksi dengan teman sebaya setelah diberi tindakan selama tiga kali siklus, mulai dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan perilaku yang mempengaruhi kesulitan interaksi dengan teman sebaya dengan persentase penurunan indikator pada keempat konseli lebih dari 50 % sesuai dengan yang sudah ditargetkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik Pengkondisian Operan dengan pemberian Reinforcement dan Modeling efektiv untuk mengurangi kesulitan interaksi dengan teman sebaya, pada siswa SDN Magersari 2 Kota Magelang Tahun Pelajaran 2007/2008.

Tidak ada komentar: