Selasa, 02 Desember 2008

Rendah Diri

Salah satu orang tua siswa bertanya pada guru mengenai anaknya yang belum berani tampil dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh sekolah “ Pak Guru, mengapa anak saya kok tidak mau tampil pada pentas besok di sekolah? Padahal sudah dilatih sama Pak guru kan?” Keluh orang tua siswa kepada Pak Guru. “ Iya, Bu, Isti memang takut nanti ditertawakan temannya, merasa tidak mampu, malu dan lain-lain, padahal sebenarnya sudah mampu untuk pentas.” Kata Pak Guru.
Isti adalah anak yang rendah diri mengapa hal ini bisa terjadi?

Sebab – sebab :
· Citra diri buruk, ketika anak sudah pernah melakukan hal-hal yang buruk dan diketahui anak-anak yang lain maka menyebabkan harga dirinya rendah hal ini dapat mengakibatkan rendah diri.
· Sering mendapat perlakuan buruk dari luar dari teman-temannya sehingga menyebabkan rasa takut untuk melakukan sesuatu dan akhirnya anak akan memiliki rasa rendah diri.
· Sering disalahkan dalam berpendapat ataupun bertindak sehingga anak merasa lebih aman kalau diam dan menyendiri dari pada harus berbuat dan disalahkan oleh teman-temannya.
Solusi
Gali penyebab permasalahan
· Cari sisi potensi positif diri.
· Beri motivasi dengan moto khusus bagi individu tersebut.
· Beri kepercayaan untuk melakukan tugas tertentu.
· Berikan reward ( pujian, sentuhan, tatapan dll ).

1 komentar:

tallyulrey mengatakan...

The Best Games You Can Play Online With the - GMCC
This is 토토분석사이트 a no-brainer 돌겠네 진짜 for any beginner gambler. These 스 크릴 slot games have a decent paytable structure 파라오 도메인 and 바카라 필승법 an easy-to-play interface